Profesi Apoteker Universitas Islam Indonesia

Tracer Studi Print E-mail
Written by Rossy   
Thursday, 20 October 2016
Tracer study dilakukan untuk mengukur tingkat keberhasilan pembelajaran Prodi Farmasi S1 dan Profesi Apoteker UII. Pengukuran ini dilakukan terhadap alumni maupun pengguna alumni (atasan di instansi yang bersangkutan). Hasil pengukuran ini digunakan dalam evaluasi diri prodi serta akreditasi. Beberapa parameter seperti masa tunggu kerja, penghasilan, serta penilaian pengguna menjadi poin penting yang wajib diukur dalam tracer studi ini.

Partisipasi alumni mutlak diperlukan dalam program ini. Keberhasilan akreditasi yang didukung oleh validitas tracer study akan memperkuat brand dan positioning alumni.

Tracer studi ini dilakukan secara berkala dengan mengisi lembar kuesioner bertanda tangan basah, baik oleh alumni maupun pengguna. Kuesioner tersebut dapat diunduh pada tautan di bawah ini, diisi, dan dikirimkan ke Prodi Farmasi S1 dan Profesi Apoteker UII

DOWNLOAD Lembar Tracer Alumni

DOWNLOAD Lembar Tracer User

Indeks Solidaritas Alumni
 
Indeks ini mengukur persentase alumni yang telah mengumpulkan tracer alumni dan tracer user. Jumlah rata-rata alumni tiap angkatan adalah 100 orang, jadi misal indeksnya 11 % maka baru ada 11 alumni yang mengumpulkan tracer dari 100 orang. Alumni yang diukur untuk akreditasi PSPA UII 2016 ini adalah angkatan 22-26. Sehingga nilai akreditasi prodi salah satunya bertumpu di pundak alumni kelima angkatan ini.

Mengapa disebut "solidaritas"? Karena dengan hanya mengumpulkan tracer, Anda berarti sudah solider dengan alumni kakak kelas, teman seangkatan, bahkan adik kelas Anda. Terkait almamater, hanya ada 2 pertanyaan kunci: lulusan mana dan apa akreditasinya. Bahkan Anda yang saat ini sudah bekerja sekalipun, untuk peningkatan karir atau ketika melamar ke instansi yang lebih prestisius, juga masih ditanya dua pertanyaan ini. Jadi, hasil akreditasi prodi, manfaat utamanyanya akan kembali ke Anda, bukan ke dosen, bukan pula ke kaprodi.

Bagaimana cara memperbaiki nilai akreditasi? Yang paling mudah adalah meningkatkan taraf kepercayaan survey tracer study hingga mendekati 100 %. Dengan demikian, asesor akan percaya bahwa hasil yang baik itu representatif untuk sluruh alumni, bukan hanya satu atau dua alumni saja.

Apa yang bisa Alumni lakukan? Download, isi (form alumni oleh alumni itu sendiri dan form user oleh atasan), lalu kirimkan secara fisik atau via email ke alamat berikut, kemudian berdoa untuk kebaikan kita semua.

Alamat pengiriman tracer:

Putri Novitasari (Staf Tracer Farmasi UII)
Lab Terpadu Fakultas MIPA
Universitas Islam Indonesia
Jl Kaliurang KM 14,5 Sleman DIY

email:  This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it

WA: 085643035263
Last Updated ( Friday, 21 October 2016 )
 
< Prev
Mini Teaching Hospital Profesi Apoteker UII
Forum UII

Polling

Bagaimana Kinerja Pengelola Profesi Apoteker UII
 

Who's Online

We have 2 guests online

Photo Galery

Galeri Foto UII