Profesi Apoteker Universitas Islam Indonesia

Pengembangan Preseptor dan Alumni 2015 Print E-mail
Written by Habib   
Tuesday, 29 September 2015
 Progarm Studi Profesi Apoteker (PSPA) dalam upaya berkontribusi bagi pengembangan alumni dan preseptor maupun praktisi Rumah Sakit (RS) mengadakan workshop bertema akreditasi. Workshop yang berjudul Menggali Standar-Standar Akreditasi Mendukung Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien Atas Pelayanan Farmasi berlangsung pada tanggal 29-30 Agustus bertempat di Ruang Sidang Utama Gedung Baru FMIPA UII.
 
Kegiatan ini diselenggarakan oleh PSPA melalui Laboratorium Mini Teaching Hospital dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan praktisi rumah sakit sehingga mampu mempersiapkan akreditasi rumah sakit yang berbasis patient safety dengan standar akreditasi terbaru.

Akreditasi Rumah Sakit dilakukan setiap sekali dalam 3 tahun, sehingga menjadi suatu kebutuhan bagi pihak RS untuk selalu mengupdate pengetahuan staf dan karyawannya. Standar akreditasi yang harus dipenuhi oleh pihak RS pun mengalami perubahan sesuai kebutuhan perkembangan waktu. Standar akreditasi yang terbaru adalah standar dari KARS versi 2012 dan standar versi 5 dari JCI yang berbasis patient safety.

Peserta workshop berasal dari berbagai rumah sakit di wilayah DIY dan Jawa Tengah. Beberapa orang pesta adalah preseptor (pembimbing lapangan PKPA Rumah Sakit) RS tempat PKPA Mahasiswa Profesi Apoteker. Peserta nampak antusias menyimak materi dan mengikuti rangkaian acara, termasuk sesi diskusi untuk perumusan rekomendasi di masing-masing standar.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Wakil Dekan FMIPA UII yaitu Dr. Farida Hayati, M.Si., Apt. Kegiatan diawali dengan materi pembuka yang disampaikan oleh Dra. Dwi Pudjaningsih, Apt., MMR., dengan judul Peran akreditasi Rumah Sakit dalam mendukung peningkatan mutu dan keselamatan pasien. Acara tersebut juga menghadirkan pemateri yang lain yaitu Dra Yulia Trisna, MPharm, Apt., salah seorang praktisi yang bekerja di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Beliau menyampaikan tentang Konsep dan Prinsip Pelayanan Berfokus pada Pasien dalam Standar Akreditasi Versi 2012, serta pengalaman RSCM dalam meraih dan mempertahankan akreditasi.  Acara berlangsung selama 2 (dua) hari dengan diakhiri dengan presentasi rekomendasi hasil diskusi peserta mengenai langkah-langkah dalam penyelenggaraan persiapan akreditasi. (Okti)
Last Updated ( Tuesday, 29 September 2015 )
 
< Prev   Next >
unisys
Mini Teaching Hospital Profesi Apoteker UII
Forum UII

Polling

Bagaimana Kinerja Pengelola Profesi Apoteker UII
 

Who's Online


Photo Galery

Galeri Foto UII