Profesi Apoteker Universitas Islam Indonesia

Berita Terbaru
Kelompok Ujian Komprehensif Bidang Pemerintahan XXVI Print E-mail
Written by Habib   
Friday, 25 September 2015
 Pelaksanaan ujian komprehensif bidang pemerintahan bagi mahasiswa angkatan XXVI Program Studi Profesi Apoteker Universitas Islam Indonesia, akan dilaksanakan pada tanggal 28 September 2015. Ujian komprehensif sendiri nantinya dibagi menjadi 6 kelompok, dengan masing-masing kelompok akan didampingi oleh 2 orang penguji dari Dinas Kesehatan dan Dosen PSPA.
 
 
Bagi seluruh peserta ujian komprehensif wajib berpakaian sebagai berikut, pria (berkemeja putih, celana panjang kain berwarna hitam, dan berdasi hitam), sedangkan bagi yang putri (atasan putih, rok panjang kain berwarna hitam, dan berkerudung putih). Peserta ujian kompre wajib mentaati dan mengikuti seluruh rangkaian yang telah ditentukan dan datang 15 menit sebelum ujian dimulai. Pelaksanaan Ujian Komprehensif Bidang Pemerintahan adalah sebagai berikut :
 
Hari, tanggal : Senin, 28 September 2015
Pukul : 08.00 WIB - selesai
Tempat :
- Kelompok I : R. Tutorial 1 Lantai 3 Gedung FMIPA UII
- Kelompok II : R. Tutorial 2 Lantai 3 Gedung FMIPA UII
- Kelompok III : R. Tutorial 3 Lantai 3 Gedung FMIPA UII
- Kelompok IV : R. Tutorial 4 Lantai 3 Gedung FMIPA UII
- Kelompok V : R. Tutorial 5 Lantai 3 Gedung FMIPA UII
- Kelompok VI : R. Tutorial 6 Lantai 3 Gedung FMIPA UII
 
Pembagian kelompok dan penguji ujian komprehensif bidang pemerintahan, silahkan download disini. Kisi-kisi ujian komprehensif bidang pemerintahan, klik disini.
Last Updated ( Saturday, 25 March 2017 )
Read more...
 
Pemberitahuan Hibah Penelitian PSPA UII 2015 Print E-mail
Written by Habib   
Saturday, 19 September 2015
 Bersama dengan ini, kami Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) Universitas Islam Indonesia memberitahukan bahwa mulai pada hari Senin, 7 September 2015 hingga hari Jum’at, 2 Oktober 2015 membuka pendaftaran Pengajuan Proposal Hibah Penelitian PSPA UII. 
 
Persyaratan dalam pengajuan proposal antara lain adalah harus melibatkan dosen PSPA UII, dan tema berkisar tentang pekerjaan kefarmasian baik bersifat pelayanan kefarmasian, manajerial, maupun promosi kesehatan. Pendaftaran proposal dilakukan dengan on line melalui email This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it dan hard copy diserahkan ke Bagian Sekretariat PSPA UII. Pengumuman hibah penelitian PSPA UII, silahkan download. Adapun untuk panduan pengajuan hibah, silahkan download disini.
Last Updated ( Monday, 21 September 2015 )
Read more...
 
Pembekalan Wirausaha Calon Apoteker Baru XXV Print E-mail
Written by Habib   
Friday, 18 September 2015
 Pupuk mental pengusaha, semakin banyak orang berilmu tidak paham akan konsep keseimbangan maka belajar sepanjang waktu. Banyak orang pandai yang tidak jujur, harus punya mental jujur untuk jadi pengusaha.
 
Kewirausahaan dimulai dari sesuai kemampuan, senantiasa belajar untuk mengambil peluang, bila start diijinkan Alloh karyawan/posisi dari bawah maka pelajari dan amati cara pemilik perusahaan memiliki usaha.

Bila saat ini orang tua atau keluarga belum punya usaha bisa start berdoa sungguh2 agar Alloh ijinkan kita punya usaha, Seperti saat bulan yang mulia ini : Zulhijah bisa memulai melakukan kebaikan kebaikan dan manfaatkan untuk  berdoa , dekat  dengan Alloh agar ikhtiar(usaha) Alloh hadirkan.

Sebagai pengusaha/ calon pengusaha mulailah Sholat wajib tepat waktu, berjamaah di masjid dan mengikuti sunah sunahnya, tepat waktu menjalankan  wajib awal memantaskan diri menjadi pengusaha.

Seorang pengusaha nantinya akan sebagai pemimpin/imam di tempat kerjanya makanya manfaatkan agar para karyawan bisa selalu dekat dengan Alloh. Selalu mudahkan dalam beribadah maka Alloh akan hadirkan keberkahan dalam usaha tersebut. Sukses dalam sudut pandang Islam, Lelaki adalah imam dalam keluarga, sehingga bagi yang wanita harus taat pada suami. Begitu juga dengan suami harus jadi kepala keluarga yang baik. Calon Apoteker disini calon suami. Calon istri yang baik maka mau jadi apapun peganglah prinsip/pola pikir  yang sudah  ditentukan.

Lihat dan amati apa yang terjadi bila kita sholat tepat waktu berjamaah, Sholat sholat sunat dimaksimalkan, sedekah dan cintai anak yatim, bila sudah ada usaha maka akan semakin berkembang dan berkah. Bila belum ada usaha InsyaAlloh akan dihadirkan usaha oleh Alloh.
Karena Apoteker disini banyak wanita, Jadilah wanita sesuai dengan Quran jagalah jilbab, perilaku dan pahami konsep keseimbangan kestabilan yang Rosullah ajarkan. (Lutfi, AN)
Last Updated ( Saturday, 19 September 2015 )
Read more...
 
Pengambilan Sumpah Apoteker XXV Print E-mail
Written by Habib   
Friday, 18 September 2015
 Dinamika perubahan lingkungan terus terjadi seiring dengan perkembangan teknologi, perubahan kebutuhan masyarakat dan hadirnya regulasi yang baru.  Hal tersebut juga terjadi dalam bidang kesehatan khususnya pada bidang kefarmasian. Berlakunya era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tahun 2015 juga berimplikasi pada perubahan dalam beberapa paraturan dan tatanan yang dipersiapkan untuk menyongsong era tersebut.
 
Berbagai macam perubahan harus selalu direspon oleh pendidikan tinggi sebagai dalam rangka menjaga relevansi eksistensinya. Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) Universitas Islam Indonesia (UII) senantiasa melakukan perbaikan dalam kurikulum dan metode pembelajaran untuk selalu dapat menghasilkan apoteker islami yang kompeten dan dapat mengikuti dinamika lingkungan .

Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) UII berikhtiar untuk menghasilkan lulusan yang berwawasan Islami, bersikap ilmiah, berketrampilan tinggi sesuai kompetensi Apoteker dan berwawasan kebangsaan. Melalui implementasi pembelajaran dengan metode Problem Based Learning (PBL) lulusan diharapkan memiliki soft skill  seperti ketrampilan komunikasi, kepemimpinan, ketrampilan persuasive, ketrampilan negosiasi, manajemen konflik, manajemen waktu, problem solving, semangat teamwork, pemikiran strategis, attitude positif, kemauan belajar dll.

Dengan basis internaslisasi nilai nilai keislaman dalam kurikulum seperti pesantrenisasi, dauroh Al-Qur an, pembinaan baca tulis Al Quran, program mabit di masjid dan pengajian rutin diharapkan dapat membentuk karakter keislaman yang kuat yang melandasi profesionalisme apoteker. Desain pembelajaran dan praktikum dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menempuh UKAI (Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia) baik CBT (Computer Based Test)  maupun OSCE (Objective Structure Clinical Examination).  Bahkan, PSPA UII telah menjadi pelopor pengembangan ujian komprehensif berbasis OSCE sejak tahun 2008. Pada saat sekarang ini, pengembangan metode OSCE dalam ujian komprehensif semakin sempurna dengan hadirnya Mini Teaching Hospital (MTH) sebagai laboratorium simulasi rumah sakit, khususnya yang barkaitan dengan pelayanan kefarmasian.

Penguatan proses pembelajaran berbasis local genius juga terus dikembangkan, salah satunya adalah Pembelajaran Promosi Kesehatan, dimana mahasiswa langsung diterjunkan ke masyarakat untuk melakukan identifikasi problem kesehatan, merancang , mengimplementasikan, dan mempresentasikan program promosi kesehatan.  Dengan seluruh proses yang telah ditempuh tadi, akhirnya pada hari Kamis, 17 September 2015, PSPA UII kembali melaksanakan acara Pengambilan Sumpah Apoteker baru angkatan XXV.  Pada pengambilan sumpah kali ini, sebanyak 105 calon Apoteker telah mengucapkan sumpahnya sebagai Apoteker baru yang telah siap untuk berkontribusi dalam pembangunan bidang kesehatan. Dari 105 Apoteker baru tersebut, 85 diantaranya lulus dengan predikat Cum Laude sehingga merupakan prestasi yang sangat membanggakan. Mahasiswa dengan IPK tertinggi adalah Silvia Ayu Vajrika dengan IPK 3,98. Di harapakan hubungan antara alumni dengan almamaternya akan terus terjalin dengan baik dan saling bermanfaat untuk pengembangan proses pembelajaran di kampus dan juga pengembangan karir alumni. (Dimas AP)
Last Updated ( Saturday, 19 September 2015 )
Read more...
 
105 Calon Apoteker UII Mengikuti Pembekalan Keprofesian Print E-mail
Written by Habib   
Friday, 18 September 2015
 Sejumlah 105 orang calon apoteker yang dilulusakan pada periode September 2015 pada hari senin 14 september 2015 kemarin mengikuti pembekalan keprofesian yang diselenggarakan oleh Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) FMIPA UII.
 
Pembekalan yang bertempat di Audiotorium Fakultas MIPA UII ini merupakan rangkaian kegiatan mahasiswa setelah mengikuti yudisium studi pada 26 Agustus 2015 dan dinyatakan lulus serta mengikuti Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI) pada 05 September 2015.  Tujuan dari pembekalan yang menghadirkan dua institusi sebagai narasumber yaitu dari Forum Komunikasi Keluarga Alumni Farmasi UII (FIKAF UII) dan Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia DIY (PD. IAI DIY)  untuk memberi pandangan dan penyegaran terkait praktik profesi berserta aspek etiko legal yang menyertainya.
 
Bapak Hady Anshori M.Sc., Apt sebagai Sekjen FIKAF UII menyampikan kepada mahasiswa pentingnya alumni selalu membanggakan almamaternya dengan karya maupun kinerja terbaiknya dimanapun alumni akan berkiprah. Bekal nilai-nilai islamiah, pengetahuan, ketrampilan dan soft skill yang diperoleh selama  proses pembelajaran hendaknya bisa diaplikasikan pada kerja / praktik profesinya. Tidak lupa terkait kontribusi alumni untuk almamaternya PSPA FMIPA UII selalu dengan tangan terbuka menyambut kembali alumninya untuk bergabung sebagai praktisi akademik, atau sebagai dosen tamu saat memberikan kuliah umum, membantu proses belajar – mengajar sebagai tutor. Pada kesempatan ini Pak Hady juga menitipkan lembar tracer alumni - user untuk calon apoteker, harapanya nanti setelah bekerja / berpraktik lembar tracer alumni – user bisa diisi dan dikirimkan kembali ke PSPA FMIPA UII sebagai salah satu indikator evaluasi pembelajaran, keterserapan alumni dan kesan user terhadap produk yang dihasilkan oleh PSPA UII.
 
PD IAI DIY melalui Sukir Satrija Djati (Wakil Sekreataris), Siti Mastiah (Bendahara) dan Ritak Astuti (Wakil Bendahara) menyampaikan 3 isu utama terkait pelaksanaan praktik / kerja yang professional berdasar undang-undang dan kode etik, wawasan keorganisasian Ikatan Apoteker Indonesia dan Tata kelola resertifikasi untuk keperluan perpanjangan sertifikat kompetensi Apoteker. Pak Sukir menyampaikan bahwa peraturan perundangan maupun kode etik untuk apoteker sudah ada namun hingga hari ini pelaksanaan yang belum konsisten baik dari sisi apoteker maupun yang menegakkan peraturan membuat praktik kefarmasian di Indonesia belum semaju di negara-negara asia maupun tingkat dunia. Harapanya alumni apoteker UII bisa berkiprah lebih baik lagi dan selalu berpegang pada aturan yang ada sebagai kontribusinya untuk kemajuan kehidupan kefarmasian di Indonesia. Bergantia Bu Siti dan Bu Ritak menyampiakan pentingnya berorganisasi dan memberi kemanfaatan pada organisasi serta tahapan-tahapan yang harus dilalui ketika nantinya harus memperpanjang sertifikat kompetensi melalui pengumpulan portofolio terkait kegiatan praktik/kerja profesi, pembelajaran dan pengabdian masyarakat.

Rangkaian acara berjalan meriah dan lancar terlihat antusiasme para peserta dalam mengajukan beberapa pertanyaan terkait salary yang didapatkan pada setiap lapangan kerja, peran IAI kedepan dalam pembinaan profesi apoteker hingga kantor perwakilan atau sekretariat FIKAF UII yang sudah ada / berdiri di seluruh Indonesia.  Bapak dhimas adhi Pradana, MSC., Apt selaku Ketua PSPA FMIPA UII yang turut serta hadir dan memantau acara ini berharap bahwa semua materi yang disampaiakan oleh nara sumber bisa menhadi tambahan pengetahuan maupun wawasan bagi calon apoteker yang insyaallah akan menjalani prosesi sumpah dan dikukuhkan sebagai apoteker pada hari kamis 17 september 2015 nanti. (Sukir Satrija Djati)
Last Updated ( Friday, 18 September 2015 )
Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 73 - 81 of 360
unisys
Mini Teaching Hospital Profesi Apoteker UII
Forum UII

Polling

Bagaimana Kinerja Pengelola Profesi Apoteker UII
 

Who's Online

We have 1 guest online

Photo Galery

Galeri Foto UII