Profesi Apoteker Universitas Islam Indonesia

Berita Terbaru
Rapat Kerja Fakultas MIPA UII Print E-mail
Written by Rossy   
Saturday, 10 October 2015

Raker 2015

Fakultas MIPA Universitas Islam Indonesia mengadakan Rapat Kerja (Raker) di Gedung Fakultas MIPA pada tanggal 9-10 Oktober 2015. Pembukaan Raker pada hari Jumat, 9 Oktober 2015 oleh Wakil Rektor I UII Dr. Ing. Ir. Ilya Fadjar Maharika, MA., IAI, di Auditorium Lantai 4 Gedung Fakultas MIPA UII. Dalam sambutannya, Wakil Rektor I menyampaikan bahwa Raker yang disusun harus sejalan dengan Rencana Strategis (Renstra) yang telah dibuat oleh Rektor.

Wakil Rektor I memberikan rumusan tujuan strategis UII selama 4 tahun kedepan. Dekan Fakultas MIPA UII Drs. Allwar, M.Sc., Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan sinkronisasi kegiatan Prodi, menjelaskan bahwa program yang sama bisa diakomodasi oleh fakultas. Selain itu Dekan F MIPA UII juga meyampaikan bahwa kedepan ingin membuat suatu produk yang menjadi keunggulan F MIPA UII.
 
Raker dihadiri oleh Wakil Rektor I UII, Dekan & Wakil Dekan Fakultas MIPA UII, Ketua Program Studi (Kaprodi) & Sekretaris Program Studi (Sekprodi) Profesi Apoteker, Kaprodi & Sekprodi Farmasi, Kaprodi & Sekprodi Statistik, Kaprodi & Sekprodi Ilmu Kimia, Kaprodi & Sekprodi D3 Kimia Analis, Kaprodi & Sekprodi Pendidikan Kimia, segenap dosen, dan karyawan Fakultas MIPA UII.
 
Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) UII merupakan salah satu Prodi di bawah Fakultas MIPA Universitas Islam Indonesia juga memaparkan Renstra dalam Raker tersebut. Kaprodi PSPA UII Dimas Adhi Pradana, M.Sc., Apt. dalam Raker menyampaikan Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) 2016. Dalam RKAT, Kaprodi PSPA UII memaparkan tujuan, strategi, sasaran, program, dan indikator ketercapaian PSPA UII 4 tahun kedepan.

Agenda Raker pada hari kedua, Sabtu, 10 Oktober 2015 yaitu kerja mandiri masing-masing Prodi. Kerja mandiri Prodi Profesi Apoteker di Ruang Sidang Lantai 3, Dekanat di Ruang Sidang Dekanat Lantai 1, Prodi Farmasi di Ruang Sidang Lantai 2, Prodi Statistik di Ruang Sidang Lantai 1, Prodi Ilmu Kimia di Auditorium Lantai 4, Prodi D3 Kimia Analis di Ruang Tutorial Lantai 4, dan Prodi Pendidikan Kimia di Ruang tutorial Lantai 4. Hasil Raker ini akan diserahkan ke Universitas yang selanjutnya akan diproses untuk mendapatkan persetujuan dari Yayasan Badan Wakaf UII. 
Last Updated ( Tuesday, 29 August 2017 )
Read more...
 
Pengembangan Preseptor dan Alumni 2015 Print E-mail
Written by Habib   
Tuesday, 29 September 2015
 Progarm Studi Profesi Apoteker (PSPA) dalam upaya berkontribusi bagi pengembangan alumni dan preseptor maupun praktisi Rumah Sakit (RS) mengadakan workshop bertema akreditasi. Workshop yang berjudul Menggali Standar-Standar Akreditasi Mendukung Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien Atas Pelayanan Farmasi berlangsung pada tanggal 29-30 Agustus bertempat di Ruang Sidang Utama Gedung Baru FMIPA UII.
 
Kegiatan ini diselenggarakan oleh PSPA melalui Laboratorium Mini Teaching Hospital dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan praktisi rumah sakit sehingga mampu mempersiapkan akreditasi rumah sakit yang berbasis patient safety dengan standar akreditasi terbaru.

Akreditasi Rumah Sakit dilakukan setiap sekali dalam 3 tahun, sehingga menjadi suatu kebutuhan bagi pihak RS untuk selalu mengupdate pengetahuan staf dan karyawannya. Standar akreditasi yang harus dipenuhi oleh pihak RS pun mengalami perubahan sesuai kebutuhan perkembangan waktu. Standar akreditasi yang terbaru adalah standar dari KARS versi 2012 dan standar versi 5 dari JCI yang berbasis patient safety.

Peserta workshop berasal dari berbagai rumah sakit di wilayah DIY dan Jawa Tengah. Beberapa orang pesta adalah preseptor (pembimbing lapangan PKPA Rumah Sakit) RS tempat PKPA Mahasiswa Profesi Apoteker. Peserta nampak antusias menyimak materi dan mengikuti rangkaian acara, termasuk sesi diskusi untuk perumusan rekomendasi di masing-masing standar.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Wakil Dekan FMIPA UII yaitu Dr. Farida Hayati, M.Si., Apt. Kegiatan diawali dengan materi pembuka yang disampaikan oleh Dra. Dwi Pudjaningsih, Apt., MMR., dengan judul Peran akreditasi Rumah Sakit dalam mendukung peningkatan mutu dan keselamatan pasien. Acara tersebut juga menghadirkan pemateri yang lain yaitu Dra Yulia Trisna, MPharm, Apt., salah seorang praktisi yang bekerja di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Beliau menyampaikan tentang Konsep dan Prinsip Pelayanan Berfokus pada Pasien dalam Standar Akreditasi Versi 2012, serta pengalaman RSCM dalam meraih dan mempertahankan akreditasi.  Acara berlangsung selama 2 (dua) hari dengan diakhiri dengan presentasi rekomendasi hasil diskusi peserta mengenai langkah-langkah dalam penyelenggaraan persiapan akreditasi. (Okti)
Last Updated ( Tuesday, 29 September 2015 )
Read more...
 
Kelompok Ujian Komprehensif Bidang Pemerintahan XXVI Print E-mail
Written by Habib   
Friday, 25 September 2015
 Pelaksanaan ujian komprehensif bidang pemerintahan bagi mahasiswa angkatan XXVI Program Studi Profesi Apoteker Universitas Islam Indonesia, akan dilaksanakan pada tanggal 28 September 2015. Ujian komprehensif sendiri nantinya dibagi menjadi 6 kelompok, dengan masing-masing kelompok akan didampingi oleh 2 orang penguji dari Dinas Kesehatan dan Dosen PSPA.
 
 
Bagi seluruh peserta ujian komprehensif wajib berpakaian sebagai berikut, pria (berkemeja putih, celana panjang kain berwarna hitam, dan berdasi hitam), sedangkan bagi yang putri (atasan putih, rok panjang kain berwarna hitam, dan berkerudung putih). Peserta ujian kompre wajib mentaati dan mengikuti seluruh rangkaian yang telah ditentukan dan datang 15 menit sebelum ujian dimulai. Pelaksanaan Ujian Komprehensif Bidang Pemerintahan adalah sebagai berikut :
 
Hari, tanggal : Senin, 28 September 2015
Pukul : 08.00 WIB - selesai
Tempat :
- Kelompok I : R. Tutorial 1 Lantai 3 Gedung FMIPA UII
- Kelompok II : R. Tutorial 2 Lantai 3 Gedung FMIPA UII
- Kelompok III : R. Tutorial 3 Lantai 3 Gedung FMIPA UII
- Kelompok IV : R. Tutorial 4 Lantai 3 Gedung FMIPA UII
- Kelompok V : R. Tutorial 5 Lantai 3 Gedung FMIPA UII
- Kelompok VI : R. Tutorial 6 Lantai 3 Gedung FMIPA UII
 
Pembagian kelompok dan penguji ujian komprehensif bidang pemerintahan, silahkan download disini. Kisi-kisi ujian komprehensif bidang pemerintahan, klik disini.
Last Updated ( Saturday, 25 March 2017 )
Read more...
 
Pemberitahuan Hibah Penelitian PSPA UII 2015 Print E-mail
Written by Habib   
Saturday, 19 September 2015
 Bersama dengan ini, kami Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) Universitas Islam Indonesia memberitahukan bahwa mulai pada hari Senin, 7 September 2015 hingga hari Jum’at, 2 Oktober 2015 membuka pendaftaran Pengajuan Proposal Hibah Penelitian PSPA UII. 
 
Persyaratan dalam pengajuan proposal antara lain adalah harus melibatkan dosen PSPA UII, dan tema berkisar tentang pekerjaan kefarmasian baik bersifat pelayanan kefarmasian, manajerial, maupun promosi kesehatan. Pendaftaran proposal dilakukan dengan on line melalui email This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it dan hard copy diserahkan ke Bagian Sekretariat PSPA UII. Pengumuman hibah penelitian PSPA UII, silahkan download. Adapun untuk panduan pengajuan hibah, silahkan download disini.
Last Updated ( Monday, 21 September 2015 )
Read more...
 
Pembekalan Wirausaha Calon Apoteker Baru XXV Print E-mail
Written by Habib   
Friday, 18 September 2015
 Pupuk mental pengusaha, semakin banyak orang berilmu tidak paham akan konsep keseimbangan maka belajar sepanjang waktu. Banyak orang pandai yang tidak jujur, harus punya mental jujur untuk jadi pengusaha.
 
Kewirausahaan dimulai dari sesuai kemampuan, senantiasa belajar untuk mengambil peluang, bila start diijinkan Alloh karyawan/posisi dari bawah maka pelajari dan amati cara pemilik perusahaan memiliki usaha.

Bila saat ini orang tua atau keluarga belum punya usaha bisa start berdoa sungguh2 agar Alloh ijinkan kita punya usaha, Seperti saat bulan yang mulia ini : Zulhijah bisa memulai melakukan kebaikan kebaikan dan manfaatkan untuk  berdoa , dekat  dengan Alloh agar ikhtiar(usaha) Alloh hadirkan.

Sebagai pengusaha/ calon pengusaha mulailah Sholat wajib tepat waktu, berjamaah di masjid dan mengikuti sunah sunahnya, tepat waktu menjalankan  wajib awal memantaskan diri menjadi pengusaha.

Seorang pengusaha nantinya akan sebagai pemimpin/imam di tempat kerjanya makanya manfaatkan agar para karyawan bisa selalu dekat dengan Alloh. Selalu mudahkan dalam beribadah maka Alloh akan hadirkan keberkahan dalam usaha tersebut. Sukses dalam sudut pandang Islam, Lelaki adalah imam dalam keluarga, sehingga bagi yang wanita harus taat pada suami. Begitu juga dengan suami harus jadi kepala keluarga yang baik. Calon Apoteker disini calon suami. Calon istri yang baik maka mau jadi apapun peganglah prinsip/pola pikir  yang sudah  ditentukan.

Lihat dan amati apa yang terjadi bila kita sholat tepat waktu berjamaah, Sholat sholat sunat dimaksimalkan, sedekah dan cintai anak yatim, bila sudah ada usaha maka akan semakin berkembang dan berkah. Bila belum ada usaha InsyaAlloh akan dihadirkan usaha oleh Alloh.
Karena Apoteker disini banyak wanita, Jadilah wanita sesuai dengan Quran jagalah jilbab, perilaku dan pahami konsep keseimbangan kestabilan yang Rosullah ajarkan. (Lutfi, AN)
Last Updated ( Saturday, 19 September 2015 )
Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 64 - 72 of 353
unisys
Mini Teaching Hospital Profesi Apoteker UII
Forum UII

Polling

Bagaimana Kinerja Pengelola Profesi Apoteker UII
 

Who's Online

We have 2 guests online

Photo Galery

Galeri Foto UII